Posted by : Retail-soft.blogspot.com Selasa, 02 Februari 2016




Sistem Informasi Gereja

SIGER dirancang khusus untuk menjawab kebutuhan Gereja akan pengelolaan database yang profesional!
Lahir dari pergumulan akan pentingnya pengelolaan database jemaat yang baik dan terintegrasi dalam kerangka peningkatan pelayanan jemaat.

  • Data Individu. Data lengkap nama, alamat, tempat/tgl lahir, jenis kelamin, golongan darah, keterangan cacat, pendidikan, pekerjaaan, status nikah, status kewargaan Gereja (warga jemaat, warga titipan atau simpatisan, warga dengan pengembalaan khusus), dsb.
  • Data KK. Data lengkap keluarga seperti nama keluarga, nama kepala keluarga, anggota keluarga, status anggota keluarga (ayah, ibu, anak, ponakan, pembantu, dll).
  • Data kelompok usia. Data warga jemaat berdasarkan kelompok usia, dapat diatur “rentang usia” kelompok usia ini sesuai kebutuhan gereja pengguna.
  • Data Cabang/satelit/sektor. Data kelompok ibadah yang biasanya merupakan pecahan/cabang dibawah gereja. Nama cabang/satelit/sektor bisa dimasukin sendiri sesuai istilah yang digunakan gereja dan ada penanda untuk cabang/sateli/sektor yang “bakal menjadi jemaat baru”.
  • Data Komisi. Data nama komisi dan nama pimpinan/anggota komisi tersebut. Contoh data komisi anak, komisi bapa, komisi ibu, komisi lansia, dll.
  • Data Majelis Jemaat. Data pelayan jemaat yang biasanya merupakan pimpinan jemaat cabang/komisi/kelompok ibadah, disertai data periode kerja.
  • Data Staf Gereja. Data pegawai administrasi dan pegawai gereja lainnya seperti kostor, pekarya kebun/taman, sound system, dll.
  • Data Pendeta. Data profil dan periode kerja pendeta aktif dan data pendeta-pendeta yang sebelumnya pernah melayani di jemaat/gereja tersebut.
  • Arsip Dokumen. Pengarsipan dokumen warga jemaat (surat sidi, baptis, nikah, atestasi, dll) dan dokumen gereja (warta jemaat, tata cara ibadah, kumpulan lagu, SK, dll) dalam bentuk “softcopy” (format pdf/jpg/bmp). yang dapat diakses dan dicetak. Penting: merupakan aplikasi tambahan.
  • Agenda Kegiatan Gereja. Data kegiatan gereja seperti jadwal ibadah, kegiatan kepanitiaan, kegiatan komisi/sektor, jadwal PA, perlombaan, dll. Kegiatan pendeta dan majelis seperti jadwal perkunjungan atau pastoral, pelayanan, dll. Untuk beberapa jenis data disertai keterangan “rencana dan realisasi”. Penting: merupakan aplikasi tambahan dan masih dalam proses pengembangan.
Software SIGER dirancang sedemikian rupa agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, dalam hal ini Gereja, yang notabene sangat beragam baik dalah hal struktur organisasi, penggunaan istilah-istilah dalam Gereja maupun manajemen organisasi Gereja itu sendiri.

Fitur dan Fasilitas Software SIGER

 Fitur Pencarian. Pencarian cepat dengan kemampuan menampilkan pencarian data yang mirip sesuai spesifikasi unit data yang dibutuhkan. Sangat membantu dalam proses editing dan/atau pencarian informasi individu terutama untuk database yang besar.
  • Fitur Data Kamus. Fitur untuk mengganti nama menu/istilah dalam softwarte SIGER sesuai dengan karakteristik dan istilah yang digunakan gereja pengguna. Contoh menu/istilah yang bisa diganti: sidi, baptis, majelis, komisi, pendeta, wilayah/sektor, dll.
  • Fitur Kustomisasi Form. Fleksibilitas inputing data dimana ada kebebasan untuk kustomisasi pilihan data isian sesuai karakteristik Gereja, contohnya data pilihan jenis pekerjaan dan data pilihan nama satelit/wilayah/sektor). Tersedia juga form kosong untuk mengantisipasi seandainya ada data yang belum diakomodir SIGER.
  • Fitur Pelaporan. Sistem filter data lengkap yang menghasilkan beragam jenis pelaporan data/informasi yang dibutuhkan gereja. Data hasil pelaporan ini bisa langsung cetak atau bisa disimpan dalam format excel/pdf/html.
  • Fitur Grafik.. Khusus untuk beberapa jenis laporan seperti laporan perbandingan data, misalnya data gender, data pendidikan, dll. Grafik ini bisa di kustomisasi (jenis grafik, judul, font, warna dan tampilan grafik) sesuai keinginan dan bisa langsung cetak atau disimpan dalam format jpg/pdf/html.
  • Fitur Multiuser. Dapat digunakan oleh banyak user/pengguna dimana tingkatan akses masing-masing user bisa diatur sesuai kebutuhan. Contohnya setingan untuk admin bisa “akses penuh” sedangakan user lain bisa dibatasi hanya bisa melihat data, hanya melihat dan membuat laporan, bisa melakukan editing tapi tidak bisa akses pengaturan software, dll.
  • Fitur Back-up dan Restore Data. Gunakan fitur ini untuk kemananan data. Database SIGER bisa di back-up di semua media simpan data misalnya di hardisk atau di flashdisk, data backup bisa di restore kapan saja dibutuhkan.
  • Fitur Rekam Jejak User. Fitur ini berguna jika fitur “multi user” digunakan. Fungsinya untuk mengetahui siapa-siapa saja yang telah mengakses data termasuk kapan akses itu terjadi, bermanfaat dalam kerangka pertanggung-jawaban masing-masing pengguna/user.
Fitur kustomisasi menu yang ada memberikan peluang untuk masing-masing gereja mengatur software SIGER sehingga cocok dengan karakteristik gereja sehingga dapat digunakan oleh gereja manapun.

- Copyright © Kumpulan Soft Retail dan Lain-Lain - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Retail Software -